Desak Putus Kontrak Dengan PT. EL.John, Dewan Masih Berkelit

\"massa

Pacitan (Jurnalberita.com)- Aksi unjuk rasa dari Aliansi Masyarakat Pacitan Peduli Teleng Ria yang sedianya akan mengerahkan ribuan massa, ternyata meleset dari yang diperkirakan. Gabungan warga kontra kerjasama alih kelola Pantai Teleng Ria dengan PT. EL. John tersebut, tak lebih dari 100 orang yang menggeber aksi di Kantor Bupati Pacitan, Gedung DPRD dan Kejaksaan Negeri.

Sekalipun begitu, mereka tetap lantang menyuarakan aspirasinya agar perseroan asal Jakarta itu, hengkang dari bumi Pacitan. Sambil mengusung peti mati dan empat batu nisan bertuliskan sejumlah nama petinggi PT. EL. John, mereka juga membentangkan poster-poster bernadakan kecaman. Diantaranya seperti, \”Selamat jalan EL. John dari bumi Pacitan, Kembalikan Teleng Ria pada rakyat, bebaskan Teleng Ria dari EL. John, PHK EL. John untuk kemakmuran rakyat\”.

Dalam orasinya, Sulardi, warga Teleng mengatakan, agar Pemkab segera memutuskan hubungan kerjasama dengan PT. EL. John. \”Pak Bupati harus berani menentukan sikap. Putuskan kerjasama itu,\” teriaknya, saat berorasi dihalaman Pemkab Pacitan.

Selain ngelurug ke kantor bupati, pendemo yang mayoritas para nelayan dan pedagang itu juga nyambangi gedung dewan. Perdebatan sengit pun tak bisa dielakan lagi. Mereka mendesak wakil rakyat segera memutuskan kontrak kerjasama dengan perseroan dibawah kendali Jonnie Sugiharto itu. Namun dilain sisi, sejumlah wakil rakyat yang menemui pendemo masih tetap ngotot dikembalikan pada hasil rekomendasi pansus. \”DPRD akan mengikuti proses aturan yang berlaku,\” ujar Soetopo, Ketua DPRD Pacitan.

Dia menegaskan, sebenarnya itu ranahnya eksekutif. DPRD sudah menyampaikan rekomendasinya ke pemkab. \”Apapun keputusannya nanti, sepanjang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, DPRD akan mendukung,\” ujarnya dihadapan perwakilan pendemo.

Didik Mustiko Aji, perwakilan aliansi meminta agar DPRD tidak berbelit-belit. Dia menginginkan, dewan mengambil keputusan tegas. \”Diputus atau diteruskan. Kalau diteruskan, jelas bahwa DPRD mengamini adanya pelanggaran hukum di Pacitan,\” kritiknya.

Sementara itu, Mardianto, Wakil Ketua DPRD Pacitan, secara tegas menyampaikan pernyataan politiknya, setuju apabila kerjasama alih kelola tersebut diputus. \”Ini suara Fraksi PDIP. Kami setuju dan berpihak pada rakyat,\” katanya, disambut aplaus perwakilan pendemo.

Usai menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD, massa melanjutkan aksinya ke Kantor Kejaksaan Negeri. Diinstansi anti suap itu, sejumlah perwakilan mendesak agar korps Adhiyaksa segera menindak lanjuti proses hukum atas kasus kejasama alih kelola dengan PT. EL John. (jbc15)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*