Duel Samsung Galaxy SIII Versus HTC One X

(jurnalberita.com) – Demi bersaing di pasar gadget yang kian memanas, kedua vendor ini siap habis-habisan membekali perangkatnya masing-masing, Samsung dengan Galaxy SIII-nya sementara HTC dengan One X-nya. Lalu siapa kira-kira yang menjadi pemenang dan diprediksi bakal menguasai pasar? Kita lihat saja.

Dimensi
Tidak banyak yang bisa dibandingkan diantara dua perangkat ini dalam hal ukuran dan berat. HTC One X memiliki dimensi yang lebih kecil dengan 70 x 134mm berketebalan 8.9mm dibandingkan dengan Galaxy SIII yang memiliki ukuran 71 x 137mm berketebalan 8.6mm. Dalam balutan warna putih, One X hadir dengan bodi polikarbonat, sementara Galaxy SIII lebih memilih bahan plastik glossy dengan bezel silver di sekeliling bodinya. Secara keseluruhan, bisa dikatakan tampilan fisik SIII lebih fleksibel dibandingkan dengan One X yang menggunakan pilihan unibody atau solid.

Layar
Galaxy SIII hadir dengan layar Super AMOLED seluas 4.8 inci, sementara HTC One X menyematkan layar Super-IPS berukuran 4,7 inch. Kedua ponsel ini menggunakan resolusi 720 x 1280 dan masing-masing memiliki kepadatan pixel yang sangat baik, One X dengan 312ppi dan SIII dengan 306ppi. Samsung lebih unggul dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 2 dan PenTile Matrix yang memberikan tawaran lebih.

Prosesor dan Konektivitas
Jika One X menggunakan chip Nvidia Tegra 3 quad-core dan clocking 1,5 GHz, maka SIII memilih chip Exynos 4 Quad 1.4GHz dengan clocking 1,4 GHz. Diatas kertas, perbandingan ini menempatkan HTC di posisi terdepan. Untuk penyimpanan data, Samsung menunjukkan taringnya. Dengan tiga pilihan penyimpanan: 16GB, 32GB dan 64GB, Galaxy SIII seolah membuat kapasitas penyimpanan sebesar 32GB milik One X terlihat remeh. Selain itu, SIII dilengkapi dengan slot kartu MicroSD yang anehnya, tidak disediakan oleh One X.

Sistem Operasional
Kedua perangkat canggih ini telah menggunakan seri terbaru Android 4.0 Ice Cream Sandwich. One X memilih untuk menghiasi perangkatnya dengan user interface milik mereka sendiri, Sense UI versi 4, sementara Samsung juga lebih mengandalkan versi mereka yang dikenal sebagai TouchWiz.

Dalam fitur tambahan, Galaxy SIII bisa lebih unggul dengan kehadiran Smart Stay yang mencegah layar meredup atau terkunci secara otomatis. Tak hanya itu, fitur S Voice juga memberikan pengalaman unik bagi pengguna untuk memerintahkan sesuatu hanya dengan suara saja dan mengenali berbagai bahasa.

Multimedia
Galaxy SIII dibekali dengan teknologi SoundAlive yang menyuguhkan kemampuan sound sesuai genre yang dipilih, sementara One X memilih untuk membenamkan teknologi Beats Audio yang mampu menampilkan kejernihan suara. Urusan pemutar radio, lagi-lagi One X harus mengakui keunggulan Galaxy SIII yang menyematkan thumbnail video gerak berjuluk Live Video list.

Belum bosan dengan kamera? Baik Galaxy SIII maupun One X menyematkan kamera berkekuatan 8MP, yang masing-masing dibekali kemampuan merekam pada 1080p. Untuk kamera depan, Samsung mengungguli HTC dengan kamera 1.9MP. Kemampuan untuk mengambil foto hanya dengan mengucapkan ‘Cheese!’ pada SIII juga terasa jauh lebih menyenangkan daripada cara konvensional menekan tombol.

Daya Tahan Baterai
Salah satu keunggulan Samsung Galaxy SIII terletak pada daya pemakaian baterai yang lebih lama dari pada HTC One X. Saat melakukan panggilan, SIII dapat bertahan hingga 10:20 sedangkan One X hanya sampai 9:57. Bahkan saat melakukan aktivitas browsing dan menonton video, baterai Samsung Galaxy SIII mampu bertahan lebih lama.

Konklusi
Meski HTC One X sering disebut sebagai pelopor munculnya superphone dengan kekuatan quadcore, namun tak bisa dipungkiri bila Samsung berhasil menjawab tantangan itu dengan menghadirkan Galaxy SIII. Selain tawaran kinerja standar yang terbilang cukup mengagumkan, Galaxy SIII juga melengkapi tawaran mereka dengan berbagai fitur tambahan menarik yang tentunya akan meraup minat pengguna berbagai kalangan usia.

HTC One X
- Unibody yang impresif dari bahan polycarbonate.
- Layar IPS LCD2 yang lebih terang dan tajam.
- Beats Audio.
- Sudah beredar di pasaran.
- Harga yang lebih murah.

Samsung Galaxy S III
- Ukuran layar besar – 4.8″ banding 4.7″.
- Kontras layar lebih tinggi dan pembacaan yang jelas dibawah sinar matahari.
- Pilihan memori internal – 16/32/64GB + microSD yang bisa diupgrade hingga 32GB.
- S Voice – Perintah bahasa dan dikte tulisan untuk S III.
- S Beam – Transfer file/data dengan mudah dan cepat.
- Baterai 2100mAh yang dapat diganti dibanding baterai 1800mAh yang paten.
- Kamera depan 1.9MP dengan fitur Smart Stay.
- Merekam video dengan framerate 30fps banding 24fps.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site