Pelajar SMK Jatim Sukses Bikin Moge

SURABAYA (jurnalberita.com)Tiga siswa SMK di Jawa Timur yang tengah mengikuti program pelatihan di UPT Pengembangan dan Pendidikan Kejuruan (PPK) Diknas Jatim, berhasil membuat motor gede (moge). Hasil karya yang mereka ciptakan dibantu 2 instruktur itu dipamerkan di Kantor  UPT PPK Diknas Jatim, Jumat (6/7/12).

Kepala Kantor UPT PPK Diknas Jatim,  Sumardijono, mengatakan, moge 500 cc itu merupakan karya pertama UPT PPK Diknas Jatim. Dia mengaku bangga pada 2 instruktur dan 3 siswa yang dalam tempo 2,5 bulan berhasil  membuat moge bermesin mobil tersebut.

“Kami sangat puas dan bangga terhadap instruktur dan ketiga siswa yang bisa menciptakan karya besar ini,” kata Sumardijono.

Ketiga siswa yang dimaksud adalah Aji dan Aris dari SMK Ponorogo, serta seorang siswa dari SMK Ngawi. Sedangkan 2 instruktur dari UPT PPK Diknas Jatim yakni Agus Trianto dan Nunung Erwantiono.

Sumardijono menjadi orang pertama yang berkesempatan menjajal moge yang pembuatannya  menghabiskan biaya 18 juta rupiah itu. “Bagus. Suspensinya juga bagus,” ucapnya.

Dipaparkan, kecepatan motor besar ini sangat luar biasa.  Hanya dengan 1 perseneling mampu melaju 40 km/ jam, apalagi jika menggunakan 3 perseneling.

Atas keberhasilan ini, ke depannya, Sumardijono sudah berencana  membuat motor yang lebih gede lagi, yakni kendaraan roda dengan mesin mobil Ferrary 1500 cc.

“Jadi kita akan memperkaya model moge. InsyaAllah bulan depan sudah mulai dikerjakan oleh siswa-siswa instruktur kita,” tandasnya. Dia memperhitungkan pembuatan moge kedua itu nanti akan membutuhkan biayaa antara Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. (jbc2/ksby/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site