Tidak Bisa Lunasi Hutang, Rumah Dieksekusi

Warga melompati pagar saat eksekusi dilaksanakan. (foto:jbc18)

TUBAN (jurnalberita.com) – Perintah eksekusi Pengadilan Negeri (PN) Tuban, yang dibacakan petugas membuat suasana tegang. Keluarga tergugat menolak perintah meninggalkan rumah yang bertempat di Jalan Basuki Rahmad, Dusun Sidomulyo RT 02, RW 01, Desa Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Rabu (4/7/12).

Tanda-tanda ketegangan dan adu mulut pihak tergugat dengan petugas eksekusi itu mulai terasa saat ratusan warga berkumpul di rumah tersebut. Mereka menutup pintu pagar rumah dengan rantai dan gembok, massa sudah berjaga-jaga menyambut datangnya juru eksekusi Pengadilan Negeri itu sejak dini hari.

Dari data yang berhasil dihimpun jurnalberita.com, sesuai dengan surat keputusan dari Pengadilan Negeri Tuban Nomor 04/PDT.EKS/2010.PN.TBN, eksekusi rumah milik Agus Sugianto (66), dengan luas di atas lahan 20×20 meter itu berawal dari hutang kepada Bank Jatim, yang kemudian tidak bisa melunasi.

Sehingga pihak Bank Jatim melayangkan surat kepada pihak tergugat pada tanggal 18 Februari 2010, tapi pihak tergugat masih belum bisa melunasi. Kemudian pada tanggal 23 Maret 2011 Bank Jatim melayangkan surat lagi kepada pihak tergugat, namun pihak tergugat masih belum bisa melunasi. Sampai surat peringatan yang ketiga pada tanggal 19 Januari 2012, pihak tergugat masih belum bisa melunasi hutang tersebut.

Setelah Bank Jatim melayangkan surat sampai tiga kali tersebut, dan pihak tergugat masih belum bisa melunasi juga. Akhirnya, pihak Bank Jatim membawa kasus tersebut ke Pengadilan Negeri Tuban, yang kemudian dilakukan pelelangan oleh PN, dan dimenangkan oleh Ir. Anang, Warga Surabaya.

“Sesuai surat keputusan pada tanggal 7 Juni 2012, yang diperintahkan Ketua Pengadilan Negeri Tuban, bahwa rumah ini harus segera dikosongkan oleh Badan Lelang Negara (BLN),” ujar Sulistiyono, juru sita PN Tuban. Setelah melalui proses panjang akhirnya juru eksekusi berhasil melakukan eksekusi. (jbc18/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site