UKG Gagal, Salah Siapa?

Drs. Firdaus Mawardi.

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Gagalnya pelaksanan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk guru SLTP Bersertifikasi merupakan kasus yang cukup menghebohkan secara nasional. Perencanaan yang tidak matang menjadi sorotan berbagai pihak.

“Ini bukti bahwa perencanaan kurang matang. Untuk pelaksanaan ujian yang baru pertama kali secara serentak nasional seperti UKG ini, masa iya informasi yang diberikan kepada Dinas Kabupaten/Kota seperti ringan-ringan saja,” ujar salah PNS di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, sesaat setelah ada kabar bahwa UKG gelombang I gagal dilaksanakan, Senin (30/7/12).

Ia mengatakan, informasi yang diberikan oleh pihak penyelenggara tingkat provinsi sepertinya UKG itu hal yang sepele, datang, duduk di depan komputer, masukkan nomor registrasi dan nomor lainnya, dan langsung keluar soal.

“Belum terpikirkan mungkin, bagi penyelenggara di tingkat nasional. Bisa jadi jaringan internet di Indonesia terganggu atau sengaja diganggu. Bisa jadi program itu sudah diretas oleh berbagai pihak yang ingin menggagalkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Firdaus Mawardi, salah seorang guru SLTP yang juga aktivis dunia kependidikan, saat ditemui di lokasi UKG SMK negeri 2 Padang Panjang berpendapat sama terkait gagal pelaksanaan UKG.

Menurutnya, ini pelajaran berharga bagi pemerintah, khususnya yang menangani pendidikan dan penyelenggaraan jasa teknologi informatika. Ia berharap, pada masa mendatang kegagalan tersebut dapat menjadi ukuran.

“Sehingga nantinya, apapun program pemerintah terkait dunia pendidikan, tidak lagi menjadi cemoohan di tengah masyarakat, seperti hari ini (Senin lalu, 30/7/12, red),” ujarnya. (jbc17/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*