Aneh, PD Jatim Belum Bicara Jago Pilgub

\"ketua

SURABAYA, (jurnalberita.com)—Aneh tapi nyata, jika melihat sikap petinggi Partai Demokrat (PD)  Jatim  dalam percaturan Pilgub Jatim. “Memang jajaran pengurus PD Jatim, belum membahas secara formal soal Pilgub Jatim,” kata Dr. H. Soekarwo selaku Ketua PD Jatim di hotel Singgasana.

Sikap PD Jatim bak pertapa menunggu wangsit dari Sang Maha Kuasa, mesmi banyak partai di Jatim ini mendukung pasangan Karsa (Karwo-Saiful)  tetap duet dalam kepemimpinan Pemprov Jatim periode ke dua.  Misalnya Gerindra Jatim,  “akan ngotot dan jagokan kembali Pakde Karwo dan Gus Ipul dalam Pilgub Jatim mendatang,” lontar Supriyatnno selaku Ketua Partai Gerindra Jatim, yang menegaskan kembali hasil Rakorda Gerindra Jatim di hotel Mirama Mercure Surabaya, beberapa bulan lalu.

Sikap yang sama, tidak mau ketinggalan dalam menjagokan Pakde Karwo, adalah PDI Perjuangan yang dipimpin Sirmadji dan disusul PKB Jatim yang ketuanya H. Abdul Halim Iskandar. Namun keduanya, tidak tampak serius menyebut nama Gus Ipul. Malah, ada kesan mau ajak Pakde Karwo berkoalisi, artinya mereka ingin menjadi Wagub para periode nanti.

Sedangkan sikap agak bersebrangan (oposisi), ditunjukkan oleh Kuswanto sang ketua Partai Hanura dan Kuswijanto ketua PAN (Partai Amanat Nasional),  mereka berdua mulai menunjukkan kekecewaannya dan sikap kritis.

“Dulu, PAN Jatim memang pendukung Pakde Karwo. Dengan memberikan rekomendasi khusus Syaifullah sebagai Cawagub dari PAN, namun kini gejalanya kurang harmonis,” tukas Kuswijanto yang disitir kadernya.

Pakde Karwo menanggapi dengan senyum, dan dikatakan semua itu merupakan dinamikan politik. “Kalau PD Jatim, belum membahas dan memutuskan secara resmi soal Pilgub Jatim. Tetapi yang pasti, kami akan mengikuti ketentuan yang  tidak melanggar hukum.  Kalau kemudian Pilgub Jatim ini mau mundur atawa maju terserah, tapi PD Jatim yang sesuai ketentuan ditetapkan Mendagri dan KPU,” pungkas Pakde Karwo, seusai buka bersama keluarga besar PD Jatim (6/7).(jbc5/jbc15).

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*