Edi Rumpoko Walikota Batu Dicoret KPU?

\"walikota

BATU (jurnalberita.com)-Edi Rumpoko, Walikota Batu terkena musibah. Edi dalam pencalonan Pilkada Batu, kena coret, ketika KPU (Komisi Pemilihan Umum)  meneliti persyaratannya. Tadi malam (8/8) ramai dibicarakan kalangan politisi regional, namun petinggi PDI Perjuangan Sirmadji dan Kusnadi belum respon. Ada apa sebenarnya?

ER sempat diperiksa Polwiltabes  Surabaya dan dilanjutkan Polda Jatim dalam soal dugaan ijasah palsu, hal ini berakibat pakewuh banyak pihak, termasuk PDI Perjuangan yang mengusung kembali pencalonan ER ke dua kali ini.

“Ya, saya sudah dapat beritanya. Semestinya hal itu sudah diantisipasi lebih awal, yang sesuai hasil temuan pada saat  jabat kemarin,” lontar Faf Adisiswo, politisi dari Gerindra Jatim.

Keberadaan ER memang di ujung tanduk, sejak isu ijasahnya dianggap illegal secara prosedural. Namun persoalan ini bisa diredam, meski ada dugaan pula  bahwa ada orang  PDI Perjuangan terlibat manuver politik ini, untuk menaikkan ‘pride dan price’ di kalangan Cabup PDI-P?

“ER sempat mau maju lewat Partai Golkar, tapi tiba-tiba kembali lagi ke kandang Banteng. Kendati demikian masih ada jurus pamungkas, bila sang istri diberi peluang maju. Dan menurut saya, peluang kemenangannya cukup besar,” celetuk Otje R. Rau tokoh Soksi Jatim, seusai bertemu di Pesta Perkawinan anaknya Bupati Malang.

Bagaimana sebenarnya, pencoretan dan pupusnya ER?  Sesuai informasi akurat dari pihak internal KPU Kota Batu. Edi Rumpoko dan Punjul, pasangan Pilkada Batu yang  dijagokan PDI Perjuangan ini dicoret, karena tidak memenuhi syarat yang sebagaimana ditentukan oleh regulasi dan kewenangan KPU. “Jadi tinggal 3 pasangan saja, yang memenuhi syarat dalam proses pencalonan. Selanjutnya, KPU akan umumkan resmi, sembari menunggu respon pihak PDI Perjuangan sebagai partai pengusung,” tandas sumber akurat dari KPU Kota Batu, yang minta dirahasiakan namanya.(jbc5/jbc15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*