SPBN Dibangun di Desa Karangagung

Lokasi pembuatan SPBN di Pelabuhan Karangagung. (jbc3)

TUBAN (jurnalberita.com) – Nelayan di Kabupaten Tuban, khususnya nelayan Desa Karangagung Kecamatan Palang, di masa mendatang bakal tak lagi kesulitan mendapat BBM jenis solar untuk melaut. Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) dengan dana APBN kini tengah dibangun.

Pembangunan SPBN ini merupakan salah satu upaya menjadikan  Desa Karangagung Kecamatan Palang yang akan diproyeksikan sebagai Minapolitan di Kabupaten Tuban. Sarana dan prasarana, baik dari Dinas Kelautan Tuban maupun dari Pusat, lambat laun mulai dibangun.

Selain memiliki banyak nelayan ketimbang wilayah lainnya di Tuban, Desa Karangagung selama ini hanya menjadi lokasi pendaratan ikan, meski banyak kapal nelayan berukuran 10 GT sampai 15 GT yang berlabuh di pelabuhan Karangagung. Bahkan banyak jurtagan kapal yang berdomisili di desa ini.

Minimnya sarana dan prasarana pendukung bagi nelayan Karangagung, membuat  kuwalahan pemilik atau juragan perahu nelayan bila hendak melaut. Seringkali mereka kekurangan solar karena stok solar perhari yang mereka dapat sangat terbatas.

Pantauan jurnalberita.com di pelabuhan Karangagung Palang, Kamis (16/8/12), terlihat pekerja yang tengah memulai aktifitas di lokasi proyek SPBN. “Mereka lagi mengerjakan bangunan, nantinya untuk SPBN bagi nelayan. Sekarang ini kami selalu kekurangan solar karena stok 30 ton awhari masih kurang,” ungkap salah satu nelayan Karangagung.

Terpisah, Ir Sunarto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tuban saat dihubungi via posnselnya membenarkan adanya kegiatan pembangunan SPBN di Karangagung. “Iya benar. Sementara ini dibangun SPBN di Karangagung. Nantinya SPBN akan dikelola oleh koperasi untuk melayani pembelian solar untuk para nelayan,” ujarnya. (jbc3/jbc2)

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. SPBN yang akan di Bangun di Pelabuhah Karangagung apakah modal awal pengambilan DO ke Pertamina memakai uang nya KOPERASI Nelayan setempat……?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site