Terungkap Dipasaran, Isi Elpiji Berkurang

foto : Ist

TUBAN (jurnalberita.com) – Isi elpiji ukuran 3 kilogram yang beredar di pasaran ternyata banyak yang tidak sesuai ukuran. Hal itu terungkap dalam razia yang digelar petugas gabungan Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Polres Tuban dan Satpol PP Pemkab Tuban di sejumlah agen elpiji yang ada di kota Tuban.

Razia sengaja dilakukan untuk melakukan pengawasan terhadap para agen dan distributor elpiji menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Dalam razia ini, semua tabung berukuran 3 kilogram diperiksa oleh petugas gabungan. Hasilnya, ditemukan  banyak tabung berkurang isinya. Kekurangan isi tersebut hingga mencapai 55 gram setiap tabungnya.

Dugaan kecurangan itu terungkap setelah petugas menimbang satu persatu tabung elpiji di agen dan distributor yang didatangi. Dari penimbangan itulah, diketahui bila isi tabung tak sudah dikurangi dan tak sesuai.

“Terkait penemuan ini, kita masih terus melakukan penelusuran. Sebab, toleransi selisih isi tabung sebenarnya hanya sebasar 1,5 persen. Artinya, jika dalam tabung gas itu dilakukan penimbangan selisihnya melebihi itu berarti sudah melebihi batas toleransi,” kata Imron Ahmadi, Kasi Perdagangan Dinas Perekomonian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Kamis (9/8/12).

Meski demikian, petugas hanya melakukan pendataan saja dan akan melakukan tindakan lebih lanjut setelah melakukan penelusuran. Di sisi lain, para agen mengaku  bahwa kekurangan isi tersebut sudah dari pengisian SPBE dan mereka mengaku tidak pernah melakukan pengurangan. (jbc18/jbc2)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Catat dan catat lagi oleh petugas dan tidak mau memberi sangsi tegas ke agen. Sementara berapa banyak warga yang sudah di rugikan !
    Ayo telusuri terus pak POLISI sampai tuntas biar masyarakat tidak rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site