Testimony Skandal Century, DPR Akan Panggil Antasari Azhar

skandal century

Prio Budi Santoso dan pengurus Klenteng saat menyampaikan kepada Wartawan di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Tuban (jurnalberita.com) – Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, menanggapi testimony dari mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar terkait dugaan keterlibatannya orang nomor satu di Indonesia dalam kasus Century baru-baru ini.

Hal tersebut disampaikan Priyo Budi Santoso saat melakukan kunjungan di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Sabtu (11/08/2012). Dalam tanggapannya, Priyo menyatakan, apabila apa yang dikatakan Antasari dalam testimoninya adalah benar. Maka ini akan menggemparkan dunia, dan tentunya akan mengejutkan banyak kalangan terutama pemerintah Indonesia.

“Kalau memang testimony dari Antasari Azhar ini benar, maka dunia akan gempar dengan berita ini,” ujar anggota dewan yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pengawas Skandal Century, saat di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Meski begitu, Priyo yang melakukan kunjungan ke Tuban atas undangan dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban itu menyampaikan, bahwa keberadaannya sebagai anggota DPR RI maupun ketua tim pengawas tidaklah bertugas untuk menguji kebenaran testimony tersebut. Namun lebih kepada upaya pemanggilan Antasari secara khusus untuk dimintai keterangan.  Sehingga testimony tersebut harapannya bisa dijadikan fakta atau mungkin temuan baru oleh KPK dalam kasus hilangnya dana triliunan rupiah tersebut.

“Semua orang berhak untuk memberikan testimony berupa pandangan yang diyakini kebenarannya. Tapi jelas hal ini juga menyangkut reputasi tokoh-tokoh yang ada,” ungkap Priyo kepada sejumlah wartawan.

Dalam testimony yang dikeluarkan Antasari Azhar tersebut, menyebutkan keterlibatan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, saat memimpin rapat skenario pencairan dana sebesar Rp 6,1 triliun untuk Bank Century. Menurut pengakuan Antasari, dalam rapat sekitar Oktober 2008 lalu itu hadir juga para petinggi negara, diantaranya Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supanji, Menko Polhukam Widodo AS, dan Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI yang saat itu masih dijabat oleh Boediono
Menurut Priyo, saat ini kasus penanganan century sudah mulai memperlihatkan kemajuan. Termasuk kemarin pihaknya sebagai pengawas kasus ini sudah mendengarkan langsung penjelasan dan uraian dari Ketua KPK, Abraham Samad. Di samping telah membentuk tim pemburu asset yang akan bekerja dalam pengejaran asset hingga ke luar negeri. (jbc18/jbc15).

Tags: , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Jangan cuma obral jannji pak. Tolong tagih ketua KPK dengan menyelesaikan kasus bank Century sampai batas 1 tahun masa kerja ketua KPK Abraham Samad !
    Kalau kelamaan bisa MASUK ANGIN lo anggota DPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site