Tim Pusat Kurikulum Bekali Kepsek dan Guru

\"\"

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Guna penerapan konsep pengintegrasian pendidikan karakter di seluruh jenjang pendidikan, Kementrian Pendidikan Nasional menyebar tim Pusat Kurikulum ke seluruh kota/kabupaten di seluruh Indonesia. 

Tim yang berjumlah tiga orang dari Puskur Kemdiknas itu juga turut hadir di Padang Panjang. Beranggotakan Drs. Suharto, Drs. Ali Umar dan Drs. Agus Widodo, pembekalan terhadap penerapan konsep pendidikan karakter, digelar untuk seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah di Padang Panjang.

“Tujuan kits hadir disini adalah meningkatkan kemampuan pendidik di seluruh daerah di Nusantara dalam menyusun kurikulum dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),” kata juru bicara Tim Puskur  disela-sela kegiatan yang dipusatkan di SMAN 1 Padang Panjang, Kamis (6/9/12).

Menurut mereka, pada tahun ini, peserta pembekalan hanya berjumlah 40 orang. Mereka adalah para kepala satuan pendidikan sasaran, wakil kepala sekolah, dan pengawas pendidikan yang ditunjuk oleh dinas pendidikan setempat.

Sejak Senin, peserta dibekali dengan teknik penyusunan kurikulum, penyusunan RPP Pendidikan Karakter dan penyusunan program satuan pendidikan. Kegiatan pembekalan yang berlangsung selama 4 hari itu, ditindaklanjuti dengan kunjungan ke sekolah.

Dalam kesempatan itu, Tim dan peserta melakukan diskusi dengan warga sekolah, sekaligus mengevaluasi sejauhmana proses pendidikan karakter sudah diterapkan di sekolah terkait.

“Kunjungan ke sekolah ini merupakan upaya melihat sejauhmana pelaksanaan pendidikan karkter itu sendiri. Hingga nantinya dapat disimpulkan program apa yang perlu dikembangkan dan persiapan apa yang mesti dilakukan guru sebagai bahan evaluasi dalam mengukur tingkat keberhasilan pendidikan karakter,” kata mereka. (jbc17/jbc2)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. Semoga benar-benar tercapai hasil yaitu peserta didik yang berkarakter, Mengingat krisis moral yang sudah semakin parah saat ini pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*