Sembari Menunggu Pensiun, PNS Jadi Pengepul Bunga Kamboja

Fadkhun tengah menjemur bunga kamboja. (asn)

LAMONGAN (jurnalberita.com) – Yang dilakukan Fadkhun, seorang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Lamongan ini patut ditiru. Sembari menunggu masa purna tugasnya mengabdi sebagai PNS, ia terus berkarya menjadi pengepul bunga kamboja kering.

Bunga yang biasa bisa ditemui di lokasi  pemakaman desa ini, dikumpulkan dan dikeringkan yang dapat menghasilkan pemasukan bagi keluarganya untuk hidup sehari-hari.

“Dari pada nganggur, mending cari bunga kamboja. Untung-untung bisa untuk menambah penghasilan,” terang pria berumur 56 tahun ini.

Bila sudah terkumpul, bunga tersebut dijualnya kepada pemasok asal Jombang, yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Bunga kamboja kering itu dijualnya seharga Rp. 75 ribu hingga Rp. 80 ribu per kilo.

Dari usahanya, pegawai PNS Dinas PU golongan II-D ini mendapat tambahan penghasilan sebesar Rp 450 ribu sebulan. Dari hasil inilah, Fadkhun dapat membiayai hidup keluarganya yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Terlebih ia harus menghidupi keempat anaknya.

Dan kendala usaha sedikit harus dihadapinya bila musim kemarau telah usai. Maklum, usahanya masih sangat bergantung pada sinar matahari sebagai sarana pengering.

“Kalau sudah tiba musim penghujan, terpaksa saya keringkan didalam rumah. Walaupun membutuhkan waktu yang lama pula,” ujarnya. (asn/jbc2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site