Juknis Kampanye Belum Turun, Sejumlah Parpol Protes

 

Sejumlah parpol gerah lantaran belum adanya juknis kampanye (istimewa).

Sejumlah parpol gerah lantaran belum adanya juknis kampanye (istimewa).

PACITAN (jurnalberita.com)- Belum tersusunnya jadwal kampanye oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), membuat sejumlah partai politik peserta pemilu di Pacitan kegerahan. Seperti yang dialami Partai Hanura misalnya. Gerbong politik besutan Jenderal (pur) Wiranto ini menginginkan agar secepatnya KPU Kabupaten Pacitan mengambil sikap mengumpulkan semua parpol guna menyampaikan penjelasan soal belum turunnya petunjuk teknis pelaksanaan kampanye dari KPU Pusat. “Bagi kami, soal belum adanya juknis tersebut sebenarnya tidak ada persoalan. Namun lebih baiknya KPU segera mengundang semua parpol peserta pemilu untuk diberikan penjelasan,” kritik Sutikno, Ketua DPC Partai Hanura Pacitan.

Sementara itu dilain pihak, Partai Golkar justru “ongkang-ongkang kaki” dengan belum turunya jadwal kampanye tersebut. Effendi Budi Wirawan (EBW), Ketua DPD Golkar Kabupaten Pacitan menegaskan, saat ini pihaknya masih terkonsentrasi dengan penjaringan dan seleksi bakal caleg. Soal kampanye, jelas EBW, Partai Golkar tidak akan terburu-buru. “Kami masih terfokus dengan penjaringan bakal caleg. Kampanye memang penting, tapi nanti ada waktunya,” ujar politisi berbasis pengusaha ini.

EBW mengungkapkan, internal Partai Golkar memang menerapkan seleksi ketat terhadap jago-jagonya yang akan “dilepas” dipentas politik perebutan kursi DPRD nantinya. Misalnya saja, mereka harus punya kompetensi. Selain itu rekam jejak selama bergabung di partai berlambangkan pohon beringin tersebut, juga menjadi catatan tersendiri bagi tim seleksi bacaleg nantinya.  “Yang urgensi lagi, mereka harus lolos PDLT. Yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Selain itu juga harus sesuai dengan yang disyaratkan dalam UU tentang Pemilu,” tukas EBW.(jbc15)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site