Ratusan Warga Demo Tuntut Pilkades Diulang

Demo warga Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo menuntut Pilkades diulang. (jbc 19)

Demo warga Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo menuntut Pilkades diulang. (jbc 19)

PONOROGO (jurnalberita.com) – Ratusan warga Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jum’at (26/4) mengepung Kantor Camat Sooko. Mereka  meminta Pemerintah Kecamatan Sooko menunda pelantikan Kepala Desa Ngadirojo yang baru saja terpilih. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Ngadirojo sudah dilaksanakan Rabu (24/4) lalu.

Atas hasil tersebut, ratusan masyarakat Desa Ngadirojo yang merupakan pendukung Calon Kepala Desa Nomor Urut 1, atas nama Suyahni menolak hasil Pilkades dan meminta Pilkades Ngadirojo diulang kembali. “Tuntutan kami hanya satu, yaitu Pilkades Desa Ngadirojo diulang kembali karena banyak kecurangan dalam pelaksanaannya,” ungkap Slamet, warga yang ikut demo ke kantor Kecamatan Sooko.

Sementara itu Suyahni, Calon Kades yang kalah juga melaporkan telah terjadi pelanggaran atau penyimpangan yang dilakukan oleh oknum Panitia Pengawas atau Panwas. “Pilkades Ngadirojo banyak penyimpangan atau kecurangan yang dilakukan atau melibatkan oknum Panwas dari unsure PNS Kecamatan Sooko yang bernama Sunaji,” kata Suyahni.

Dia menambahkan oknum PNS tersebut diduga telah melakukan intimidasi kepada pemilih sehingga pihaknnya merasa dirugikan. “Oknum tersebut menggiring warga untuk memilih calon kepala desa nomor urut dua,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga menemukan oknum Hansip Desa Ngadirojo melakukan pelanggaran dalam bilik suara berakibat keributan kecil dengan saksi calon nomor urut 1. “Kami sangat dirugikan dengan beberapa kejadian tersebut,” ujar Sukadi, warga lainnya.

Bahkan atas beberapa temuan tersebut ratusan warga Desa Ngadirojo selain melakukan unjuk rasa, juga menunjuk pengacara M. Naziri untuk melakukan keberatan hasil Pilkades tersebut. “Warga Desa Ngadirojo yang tidak terima atas hasil Pilkades meminta pembatalan hasil Pilkades serta melakukan Pilkades ulang karena dianggap melanggar Perda No. 06 Tahun 2006 Kabupaten Ponorogo,” beber Naziri.

Atas tuntutan warga tersebut, Camat Sooko Bambang Windu S selaku Ketua Panwas mengaku sudah menerima keberatan warga. “Kita akan menindaklanjutinya bersama delapan anggota Panwas yang lain termasuk Kapolsek dan Danramil Sooko,” ungkap Bambang Windu S.

Demo warga Desa Ngadirojo mendapat pengawalan ketat dari anggota Polres Ponorogo. Usai melakukan aksinya warga Desa Ngadirojo membubarkan diri dan mendapat pengawalan ketat dari Polres Ponorogo. (jbc 19)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site