TP Guru Masih Terganjal SK

\"TPP

PACITAN (jurnalberita.com)- Tunjangan profesi pendidik (TPP) bagi ribuan guru bersertifikasi di Pacitan pada triwulan pertama Tahun Anggaran 2013, tak kunjung cair. Dinas Pendidikan setempat berdalih, sampai saat ini surat keputusan (SK) pembayaran TPP guru tersebut belum semuanya turun. Staf Bidang Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Rino Budi Santoso mengatakan, jumlah guru penerima TPP pada triwulan I TA 2013 tercatat sebanyak 3.735 guru. Mereka berasal dari jenjang pendidikan dasar sebanyak 2.937 guru, pendidikan menengah sebanyak 530 guru, PAUD sebanyak 260 guru, pengawas PAUD 6 orang, dan pengawas dikmen 2 orang. “Namun belum semua guru bersertifikasi tersebut mendapatkan SK pembayaran TPP. Kita masih usulkan, sementara yang sudah menerima (SK TPP, Red) sedang diproses pencairannya,” ujarnya.

Rino menjelaskan, saat ini jumlah guru yang sudah ber-SK TPP tercatat sebanyak 2.324 guru. Baik dari jenjang pendidikan dasar, menengah, PAUD serta pengawas sekolah. “Mereka sedang kami proses administrasi pembayaran TPP’nya. Hari ini sudah masuk dibagian keuangan. Kemungkinan dua hari kedepan, surat perintah membayar (SPM) sudah masuk ke bendahara umum daerah (BUD),” katanya.

Masih menurut Rino, mekanisme pembayaran TPP Guru pada triwulan I TA 2013  ini memang berbeda dari tahun anggaran sebelumnya. Perbedaan tersebut khususnya bagi guru pendidikan luar biasa (SLB) dan pengawas pendidikan dasar. “Pembayaran TPP mereka langsung diambil alih oleh pusat. Jadi pemkab tidak diberikan kewenangan membayar TPP bagi guru SLB dan pengawas pendidikan dasar,” pungkasnya.(jbc15).

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Ini adalah ketidak adilan yang nyata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*