BAZNAS RI Kick Off Program ToT Pengajar Alquran Isyarat di 34 Provinsi se-Indonesia

Berita209 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melakukan kick off program Traning of Trainer (ToT) Pengajar Alquran isyarat bagi penyandang disabilitas Sensorik Rungu Wicara di 34 Provinsi se-Indonesia dengan total 1.020 trainer.

Kick Off Pelatihan Guru dan Tenaga Pendidik Bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara tersebut diselenggarakan di Yogyakarta, Rabu (24/1/2023).

Turut hadir Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., Deputi Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI Dr. Imdadun Rahmat, M.Si., Ketua BAZNAS DIY Ibu Dra. Hj. Puji Astuti, M.Si., serta Branch Corporate Communication Spesialist Alfamart Eko Mujianto.

“Ini merupakan bentuk dukungan BAZNAS RI kepada para penyandang disabilitas sensorik, dan memastikan bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama untuk memahami agama mereka dengan menyediakan pengajar Alquran isyarat,” ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.

Di sisi lain, kata Kiai Noor, kemampuan penyandang disabilitas dalam membaca Alquran masih rendah. Untuk itu, BAZNAS ingin mempersiapkan pengajar yang kompeten sehingga akses pendidikan Alquran bagi penyandang disabilitas sensorik ini dapat terpenuhi.

“Perlu diketahui juga bahwa Indonesia merupakan negara satu-satunya yang menyusun panduan Alquran isyarat lengkap dengan harakatnya,” ucap Kiai Noor.

Kiai Noor mengatakan, program ini berlangsung selama satu tahun 2024, dengan target per-tahunnya menghasilkan sebanyak 1.020 pengajar se-Indonesia dan akan terus berlanjut.

“Program ini bisa diikuti oleh lembaga/yayasan/komunitas yang fokus dalam bidang pendidikan agama Islam, dan ada juga dari mitra Sedekah Konsumen Alfamart,” tambahnya.

Pelatihan di tingkat Provinsi DIY ini diikuti oleh 30 orang yang berasal dari guru madrasah inklusi, guru Pelajaran Agama Islam (PAI) Sekolah Luar Biasa (SLB), komunitas difabel di universitas dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin).

Baca Juga  Di Solok, Kementan Bangun Kampung Hortikultura Bawang Merah Siap Ekspor

Lebih lanjut, Kiai Noor menjelaskan, program ini merupakan bukti dedikasi BAZNAS RI untuk memberikan dampak positif dalam kehidupan semua warga Indonesia, memastikan bahwa pendidikan agama dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang kemampuan fisik.

“Pada program ini BAZNAS juga akan membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengajar Al-Qur’an isyarat,” tambahnya.

Kiai Noor berharap, program ini dapat mencetak lebih banyak pengajar yang dapat mengajar Alquran isyarat, dan memiliki pemahaman yang kuat tentang cara mengajar dengan efektif kepada penyandang disabilitas sensorik.

Sementara itu, Branch Corporate Communication Spesialist Alfamart Eko Mujianto, menyampaikan apresiasi kepada BAZNAS RI yang telah memulai program ToT pengajar Alquran isyarat di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan program yang mulia, bagaimana BAZNAS RI berupaya memberikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas sensorik rungu wicara untuk bisa membaca Alquran isyarat. Kami juga merasa bangga karena mitra Sedekah Konsumen Alfamart dapat menjadi bagian dalam misi kebaikan ini,” ucapnya. (ibs)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *