Di Hadapan Mahasiswa UGM, Bacapres Anies Kenang Pesan Ibunya dan Pesannya untuk Yang Membiayai Orang Tua

Berita176 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Bacapres Anies Baswedan mengenang masa-masa kecilnya saat sekolah dasar hingga kuliah di Yogyakarta. Refleksi terjadi saat Anies diminta Najwa Shihab yang memandu acara kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana Unibersitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Anies pun diminta untuk memandang dirinya di depan cermin besar. Anies lalu dipersilakan untuk berbicara kepada dirinya sendiri di depan cermin besar tersebut.

Gubernur DKI periode 2017-2022 itu lalu mulai berbicara bahwa saat kelas 1 SD di Lapangan STO merupakan momen kali pertama dia bermain sepak bola di ruang terbuka. Lalu pada tahun 1989 di Lapangan Pancasila dia menjadi mahasiswa UGM.

“Universitas yang saya impikan sejak masih SD ketika bermain di lapangan ini,” tutur Anies.

Lalu, lanjut Anies, dia dipercaya menjadi ketua panitia ospek mahasiswa baru UGM pada 1991. Tahun berikutnya Anies kemudian diamanahkan menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM.

“Saat itu saya menyambut dan berbicara pada adik-adik mahasiswa baru tentang bagaimana menjadi mahasiswa di UGM. Lalu pada 2015-2016 saya kembali bertemu mahasiswa baru menceritakan masa depan,” ujar dia.

Anak yang dulu berusia 7 tahun bermain di tempat ini, kata Anies, sekarang datang kembali untuk bertukar gagasan tentang Indonesia ke depan.

“Anies, ingatlah apa yang dikatakan ibumu ketika dia mengantarmu masuk sekolah: kerja keras, rajin. Dan ketika masuk kuliah: yang kita miliki hanya nama baik, jaga nama itu baik-baik. Sekarang sebelum saya ke sini, Ibu kembali berpesan: Anies berada di sini karena menjaga nama baik, jaga nama itu baik-baik,” ucap Anies.

Berbicara tentang ibu, Anies berpesan kepada seluruh anak muda yang saat ini selain membiayai dirinya juga menafkahi orang tuanya. Menurut Anies, jangan pernah menganggap beban ketika diri membantu membiayai orang tua.

Baca Juga  Penampakan Lajur S Pengganti Manuver Zig-Zag dan Angka 8 Uji SIM Motor

“Ketika Anda ikut bertanggung jawab membiayai orang tua, maka jangan anggap ini beban. Pandang ini sebagai sumur pahala untuk membiayai orang tua,” demikian Anies membeberkan sekelumit hidupnya. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *