Didaulat jadi Tokoh Probono, Prabowo Kenang Selamatkan TKW Wilfrida dari Hukuman Mati

Berita87 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Aliansi Advokat Indonesia mendaulat calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menjadi tokoh Probono yaitu suatu perbuatan atau pelayanan hukum yang dilakukan untuk kepentingan umum atau pihak yang tidak mampu tanpa dipungut biaya.

Penghargaan ini diberikan kepada Prabowo lantaran pernah membantu Wilfrida Soik, Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bebas dari ancaman hukuman mati di Malaysia.

“Pak Prabowo ini adalah jenderal, pengusaha bukan pengacara. Tapi apa yang dilakukannya melebihi tugas kita. Dia membantu Wilfrida bukan hanya dengan sewa pengacara tapi sampai 6 kali bolak-balik ke Malaysia,” ujar Ketua Umum Aliansi Advokat Indonesia, Otto Hasibuan saat acara deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2024).

Otto melanjutkan, hal ini menjadi contoh buat mereka semua, Advokat Indonesia dan para pengusaha.

“Apa yang bapak lakukan mendorong kami, untuk lebih baik dari ini, karena ini kami bersepakat melihat seorang tokoh Probono Indonesia, bapak kami daulat sebagai tokoh Probono Indonesia,” kata dia.

Menanggapi ini, Prabowo mengaku sebenarnya tidak pantas menerima ini.

“Harusnya Advokat dari Malaysia (pengacara yang disewa Prabowo) itu yang dapat anugerah ini, karena dia saat itu tidak mau dibayar, tapi karena harga diri bangsa Indonesia saya tetap bayar,” tuturnya.

Prabowo pun menceritakan awalnya membantu Wilfrida karena mendapatkan laporan dari seorang aktivis perempuan, beliau tahu bahwa saya punya hubungan baik dengan Malaysia.

“Waktu itu memang ada yang laporan ke saya, ada TKW di Kelantan yang divonis dan mereka tanya apakah bisa saya bantu,” terangnya.

Prabowo pun langsung menghubungi seorang sahabat di Malaysia, menanyakan seseorang pengacara yang bagus di Malaysia.

“Saya langsung hubungi teman di Malaysia, kau kenal dengan Advokat yang hebat tidak? Kemudian saya dikenalkan, Advokat yang konon salah satu terbaik di Malaysia. Dari sini lah saya terlibat dan sampai sekarang saya berpendapat kalau kita bisa bantu orang, kenapa tidak dibantu,” ucapnya.

Baca Juga  Lagi, KPK Tahan 5 Penerima Suap Zumi Zola

Sementara itu, Wilfrida Soik, TKW yang bebas dari ancaman hukuman mati di Malaysia ini menyebut Prabowo Subianto seperti Malaikat.

“Pak Prabowo itu seperti malaikat, saya tidak mampu membayar apa yang dibuat Pak Prabowo, hanya doa yang mampu saya ucapkan, semoga Bapak diberikan kesehatan dan umur panjang,” kata Wilfrida sambil menangis.

Saat ini, ia hanya ingin kembali bertemu Prabowo.

“Saat ini saya ingin sekali untuk bertemu bapak kembali, terima kasih banyak-banyak Bapak,” kata Wilfrida yang berbicara melalui daring dalam acara ini.

Mendengar ucapan Wilfrida, Prabowo terlihat sangat gembira bercampur haru. Ia tidak menyangka bisa kembali melihat Wilfrida.

“Saya benar-benar kaget dan bahagia bisa kembali lihat Wilfrida. Sekarang terlihat gemuk ya,” ujar Prabowo.

Wilfrida sendiri pernah dituntut hukuman mati di Malaysia karena tuduhan membunuh majikannya. Ia akhirnya bebas di tahun 2015 berkat bantuan Prabowo yang kala itu menyewa pengacara kelas atas untuk membela Wilfrida di pengadilan. Prabowo pun beberapa kali pulang pergi Indonesia-Malaysia untuk mengecek persidangan Wilfrida. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *