Elite PKS Depok Minta Kebijakan SSA di Jalan Nusantara Dikaji Ulang

Berita102 Dilihat

TEMPO.CO, Depok – Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok M. Hafid Nasir meminta Pemerintah Kota Depok mempertimbangkan penerapan kembali Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Alasannya, kekhawatiran malah menambah penumpukan kendaraan di beberapa persimpangan jalan.

Menurut Hafid, pengendara mobil atau motor dari arah Jalan Pitara dan Jalan Sawangan tidak bisa lagi langsung ke Jalan Raya Nusantara. Padahal, di jalan tersebut terdapat beberapa sekolah, sehingga saat mengantar anak sekolah harus memutar melalui Jalan Melati, Mawar dan Irian Jaya.

“Mereka harus menempuh waktu  yang lebih lama, akan terjadi kemacetan di beberapa pertigaan jalan dan antrean mobil yang panjang di Jalan Raya Nusantara,” kata Hafid, Kamis, 3 Agustus 2023.

Terlebih, lanjut Hafid, jika pengendara mobil atau motor menggunakan jalan di dalam Perumnas, sementara belum ada jalur untuk pejalan kaki, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan. “Karena banyak anak-anak warga Depok Jaya yang berjalan kaki menuju sekolah di Jalan Raya Nusantara,” tutur Hafid.

Mantan Ketua DPD PKS Depok–partai politik yang menguasai pemerintahan di Kota Depok–ini mengakui di akhir pekan dan hari libur memang kerap terjadi antrean panjang di Jalan Nusantara menuju Pitara. Namun, hal itu karena pelebaran di Simpang Sengon belum terlaksana. “Baru pembebasan lahan saja di akhir tahun 2022 yang lalu,” katanya.

Iklan

Jika Simpang Sengon sudah dilebarkan, Hafid mengatakan, akan mengurai kemacetan kendaraan dari Jalan Raya Nusantara menuju Pitara dan  tidak terjadi ‘bottleneck’ atau penyempitan jalan menuju Jalan Pitara atau Sandra. “Solusinya bukan dengan Sistem Satu Arah tapi persoalan bottle neck di Sandra yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Ia juga menilai jika diberlakukan Sistem Satu Arah juga berdampak pada omzet pedagang atau pelaku UMKM di sepanjang Jalan Raya Nusantara. “Semoga apa yang saya sampaikan ini mendorong seluruh pengambil kebijakan untuk mempertimbangkan diberlakukannya kembali SSA,” ucap Hafid.

Baca Juga  Suasana Kafe Tak Sekadar Hiasan, Sejenak Bersantai di Red Coffee Sidoarjo

Diketahui, Pemkot Depok akan melakukan uji coba SSA di Jalan Nusantara pada 5-11 Agustus 2023.

Pilihan Editor: 5 Sikap Ayah Sultan Korban Terjerat Kabel Optik di Jakarta, Lepas Pekerjaan Demi Cari Keadilan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *