Festival Merah Putih Digelar Sebulan Penuh di Kota Bogor, Ratusan Pelajar Akan Upacara Setiap Pagi Sore

Berita229 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat bekerja sama dengan komunitas, TNI dan Polri menyelenggarakan Festival Merah Putih selama sebulan penuh pada Agustus 2023. 

Festival ini akan melibatkan ribuan masyarakat untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat jumpa pers persiapan pembukaan Festival Merah Putih di Balai Kota Bogor mengatakan kegiatan ini menjadi momentum memeriahkan HUT kemerdekaan secara kolosal.  

“Festival Merah Putih kita kemas dengan cara yang lebih kolosal dengan arak-arakan yang lain, tetap Jalan Jendral Sudirman atau di Lawang Gintung nanti kita bicarakan lagi dengan panitia,” kata Bima, Jumat, 28 Juli 2023. 

Dia berharap Festival Merah Putih bisa menyalakan semangat kebangsaan dari Bogor untuk Indonesia. Festival ini, kata Bima, tidak hanya untuk seremonial tetapi harus diselenggarakan dengan pesan kuat mengenai kebersamaan, keberagaman, dan kebangsaan.

Ia juga menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan selama sebulan penuh ini akan dikemas secara edukatif melalui kuis kebangsaan yang disusun oleh Pemerintah Kota Bogor bersama Forkopimda.

Ketua Panitia Festival Merah Putih Benyamin Mbooh menyampaikan bahwa kegiatan yang rutin dilaksanakan di Kota Bogor ini, untuk tahun ini akan melibatkan personel TNI Angkatan Udara dari Lanud Atang Sanjaya.

Personel Lanud akan mengiringi kirab Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter menyusur 1 kilometer jalan raya dengan aksi personel di udara pada puncak peringatan HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023.

Iklan

Doa bersama pun akan dilaksanakan di Tugu Kujang sebagai simbol kerukunan umat beragama di Kota Bogor yang rukun.

Pembukaan Festival Merah Putih dilaksanakan pada Senin malam, 31 Juli 2023 di Makopolresta Bogor Kota. Selama bulan Agustus ratusan siswa dari 31 sekolah di Kota Bogor akan ikut upacara bendera pagi dan sore secara bergantian.

Baca Juga  Joe Biden Ingatkan Pemilih di AS untuk Tidak Memilih Kembali Donald Trump

Ribuan umbul-umbul Bendera Merah Putih di pasang di sepanjang jalan utama pusat Kota Bogor hingga ke Lawang Salapan di area Tugu Kujang.

Dalam rangkaian festival juga mengadakan aksi donor darah, lomba orasi kebangsaan, bulu tangkis, pencak silat, peragaan busana, lomba keterampilan baris berbaris, wisata kebangsaan, kuliner, komunitas difabel berkarya dan kuis kebangsaan.

“Akan banyak kejutan dalam kegiatan Festival Merah Putih di Kota Bogor tahun ini, untuk semangat kebangsaan kita,” ujarnya.

Pilihan Editor: Curang, 208 Pendaftar PPDB Zonasi Tingkat SMPN di Kota Bogor Didiskualifikasi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *