Hasil Exit Poll LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Capai 58.4 Persen

Berita73 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Hasil exit poll terbaru LSI Denny JA menunjukkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka unggul hingga rentang 53,4 persen – 58.4 persen.

Exit poll merupakan survei yang dilakukan setelah pemilih ke luar dari bilik suara. Berbeda dengan survei pra pemilihan yang dilakukan sebelum pencoblosan, exit poll dilakukan setelah orang mencoblos.

Metodologi sampling: multi-stage random sampling. Jumlah responden: 8.000 responden. Sampel TPS tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia. Setiap TPS diambil sempel sebanyak empat responden yaitu, dua responden laki-laki dan dua perempuan.

Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas mengatakan, daftar sampel TPS LSI Jenny JA di antaranya, Aceh (Aceh Utara), Jawa Barat (Kota Bekasi), Jawa Tengah (Demak), Jawa Timur (Jombang), Papua Tengah (Mimika), Sumatera Utara (Simalungun).

“Hasil exit poll, untuk pasangan yang diperkirakan lolos satu putaran, kemenangan satu putaran adalah Prabowo-Gibran dengan range perolehan diperkirakan antara 53,4 persen – 58.4 persen,” kata Hanggoro dalam keterangan virtual, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies – Muhaimin Iskandar range antara 23,8 hingga 29,4 persen. Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 3 Ganjar – Mahfud hanya 15,2 hingga 20,8 persen.

“Temuan ini adalah exit poll, belum temuan quick Count. Sebuah survei yang dilakukan kepada pemilih yang telah mencoblos di TPS masing-masing,” ujar Hanggoro.

“Kita memiliki rentang data yang terkecil hingga terbesar, paling pesemis hingga optimis di masing-masing kandidat,” tambahnya.

Pemilihan responden menggunakan systematic random sampling. Relawan menghitung jumlah dan selang pemilih yang telah selesai melaksanakan hak pilih di TPS. Margin of error diperkirakan 1,1 persen. Memiliki kepercayaan sebesar 95 persen. (dan)

Baca Juga  Profil Kirana Larasati, Sosok Artis yang Mengaku Sibuk dan Pilih Mundur dari PDIP

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *