Mengenal Robot Pengusir Nyamuk buatan Mahasiswa UGM

Berita260 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Selain indentik dengan kekeringan, musim kemarau juga dikenal sebagai waktu populasi nyamuk meningkat. Hal itu dianggap menjengkelkan karena serangan nyamuk kerap meningkat. Gigitan nyamuk yang bikin gatal dan suaranya yang menjengkelkan membuat kita ingin mengusir nyamuk. Ada berbagai alat dan teknik mengusir nyamuk. Namun saat ini telah ada robot pengusir nyamuk.  

Robot Pengusir Nyamuk dari UGM

Pada 2013 lalu, sebuah terobosan menarik datang dari Agus Wigardi, seorang mahasiswa Teknik Mesin di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), bersama rekan-rekannya. Mereka berhasil mengembangkan sebuah alat pengusir nyamuk yang memanfaatkan gelombang ultrasonik.

Mengutip ugm.ac.id, gelombang ultrasonik adalah gelombang dengan frekuensi tinggi yang dapat didengar oleh hewan tertentu, termasuk nyamuk. Gelombang ini membuat nyamuk merasa terganggu dan menjauh.

Robot yang mereka namakan Robotack-O-Mos, terdiri dari komponen-komponen yang tertanam dalam lampu hias. Ketika robot dihidupkan, payung lampu berputar hingga 180 derajat dan memancarkan gelombang ultrasonik, mengusir nyamuk.

Tak hanya mengusir nyamuk, robot ini juga memiliki sentuhan seni. Pada penutup lampu terdapat ukiran yang menggambarkan kekhasan Yogyakarta, seperti keraton, Gunung Merapi, dan Candi Prambanan. Alat ini tidak hanya efektif, tetapi juga ramah lingkungan. Alhasil, mereka berhasil meraih medali emas dalam ajang PIMNAS XXVI yang baru saja berlangsung di Mataram pada September 2013 lalu.

Diharapkan, alat ini dapat membantu dalam menekan penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk, seperti DBD, malaria, cikungunya, dan filariasis, yang telah menelan banyak korban jiwa di Indonesia. Dengan penggunaan gelombang ultrasonik ini, mereka berharap masyarakat dapat terhindar dari serangan nyamuk tanpa risiko efek samping yang membahayakan.

Cara Mengusir Nyamuk

Baca Juga  Kinerja Keuangan Cemerlang, Analis Kompak Rekomendasikan Koleksi Saham BBRI

Selain menggunakan Robotack-O-Mos, terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengusir nyamuk, seperti yang dikutip dari Call North West. Berikut adalah caranya,

  1. Buang genangan air dari pot bunga, tempat mandi burung, terpal, dan wadah apa pun di dalam atau di sekitar halaman Anda yang menampung genangan air
  2. Singkirkan tumpukan daun dan kotoran dari pekarangan dan selokan , karena ini dapat memberi nyamuk tempat untuk bersembunyi dan berkembang biak
  3. Tutupi benda apa pun yang dapat menahan atau menampung genangan air yang tidak dapat dipindahkan, seperti kolam dan perahu
  4. Jika Anda terus-menerus melawan nyamuk, mungkin sudah saatnya menghubungi perusahaan pengendalian hama profesional untuk membantu menghilangkannya dan memberikan rencana pencegahan berkelanjutan.

Musim kemarau yang panjang dan kering memang menjadi momok bagi aktivitas nyamuk yang semakin meningkat. Namun, dengan langkah-langkah sederhana dan pencegahan yang tepat, kita dapat menghadapi tantangan ini dengan tenang.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan pengusir nyamuk alami, dan melindungi tubuh dengan pakaian yang tepat, kita dapat mengurangi risiko gigitan nyamuk dan penularan penyakit. Ingatlah, tindakan pencegahan kecil ini dapat membuat musim kemarau tetap nyaman dan bebas dari gangguan nyamuk.

Pilihan Editor: Hanya dengan Botol, Begini Cara Membuat Jebakan Nyamuk Sederhana

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *