Pengancam Tembak Anies Ditahan, Belum Berstatus Tersangka

Berita132 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Sandi Nugroho menyatakan, pengancam yang ingin menembak calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan telah ditahan dan menjelani pemeriksaan di Polda Jawa Timur.

Tim Direktorat Siber Bareskrim Polri dan Subdit Siber Ditkrimsus Polda Jawa Timur telah menangkap pelaku pengancaman tersebut, berinisial AWK (23). Penangkapan itu dilakukan pada, Sabtu (13/1/2024) pagi tadi di Jember, Jawa Timur.

“Sampai dengan saat ini ditahan Tim Gabungan, Barekrim Polri dan Polda Jatim untuk mengungkap kasus tersebut dan proses pemeriksaan selanjutnya,” kata Sandi di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Status hukum yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai tersangka. Namun, pelaku tersebut bisa dikenakan dalam UU ITE Pasal 29, yaitu pengancaman melalui media.

Ia mengemukakan, bahwa yang bersangkutan telah mengakui pemilik akun TikTok @calonistri71600 dan mencuitkan kalimat bernada ancaman.

“Pengakuannya sudah ada, bahwa dia benar dia yang mencuitkan dia yang punya akun tersebut. Namun lebih dalam, mohon waktu saat ini tim tengah mendalami baik untuk motifnya,” ujar Sandi.

Tim penyidik harus cepat menuntaskan kasus tersebut, utamanya memberikan rasa aman dan nyaman untuk semua elemen masyarakat.

“Bukan hanya karena dalam rangka pemilu saja, tapi karena ini menjadi tugas dan tanggung jawab kepolisian untuk bisa mencegah terjadinya kejahatan,” ujar Sandi.

Kasus tersebut berawal ketika capres Anies Baswedan tengah menyapa warganet melalui saluran media sosial, TikTok. Semua orang dapat berinteraksi secara daring, namun tanpa dikira pelaku menuliskan komentar bernada ancaman. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Sepanjang Hari Jakarta Cenderung Cerah Berawan, Begini Prakiraan Cuaca BMKG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *