Sambut Musim Haji 2024, Ditjen Imigrasi Siapkan Makkah Route Expansion di Tiga Bandara

Berita12 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, menegaskan bahwa pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2024 berjalan lancar.

“Alhamdulillah, hingga saat ini pelaksanaannya cukup lancar. Di Solo dan Surabaya, tahun ini merupakan perdana untuk implementasi Makkah Route, jadi kami memastikan semuanya berjalan dengan baik,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (12/5/2024).

Silmy memeriksa kesiapan petugas imigrasi dan pelaksanaan kerja sama Makkah Route untuk pelepasan kloter pertama jamaah calon haji dari Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Pada tahun 2024, sebanyak 114.186 jamaah calon haji dari bandara keberangkatan Soekarno-Hatta, Jakarta, Adi Soemarmo, Solo, dan Juanda, Surabaya, mendapatkan kemudahan pemeriksaan keimigrasian prakedatangan dari Otoritas Imigrasi Kerajaan Arab Saudi melalui Makkah Route.

Jumlah ini mencakup 47 persen dari total jamaah calon haji asal Indonesia yang berjumlah 241.000 orang dan akan diberangkatkan dari 13 embarkasi.

Makkah Route mengalihkan proses keimigrasian dari bandara kedatangan jamaah calon haji di Jeddah dan Madinah ke bandara keberangkatan di Indonesia. Jamaah calon haji yang menggunakan layanan Makkah Route tidak perlu antre untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan. Skema ini telah dimulai di Indonesia sejak 2018 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Pada tahun 2024, Makkah Route diperluas ke embarkasi Solo dan Surabaya dengan pembagian keberangkatan jamaah menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama berangkat menuju Madinah dari 12 hingga 23 Mei, sementara gelombang kedua berangkat menuju Jeddah dari 24 Mei hingga 10 Juni.

“Untuk tahun ini, fasilitas pemeriksaan imigrasi prakedatangan sekarang tersedia di bandara keberangkatan. Kami telah berdiskusi (dengan Otoritas Imigrasi Arab Saudi) agar Makkah Route dapat saling menguntungkan. Jadi, nantinya petugas imigrasi Indonesia juga akan siap di Madinah atau Jeddah untuk pemeriksaan prakepulangan,” ujarnya.

Baca Juga  Lampu Merah Masalah Beras, Negara Bisa Runtuh

Ia menjelaskan bahwa usulan perluasan implementasi Makkah Route untuk embarkasi lainnya juga telah disampaikan kepada Otoritas Imigrasi Arab Saudi saat lawatannya ke Arab Saudi pada Februari 2024.

“Kami masih upayakan agar skema tersebut bisa berlaku di lebih banyak bandara keberangkatan karena Indonesia salah satu negara dengan jamaah calon haji terbanyak. Hal ini menjadi perhatian kami, bagaimana caranya agar para tamu Allah ini bisa kita mudahkan (prosesnya) saat berangkat dan pulang,” pungkasnya. (fer)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *