Songsong Indonesia Emas, Pentingnya Cegah Stunting Sejak Dini

Berita85 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memberikan perhatian terhadap masalah stunting. Mereka berupaya mengatasinya dengan meningkatkan gizi, agar dapat mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

Koordinator Fanta Kuliner Cikhita Sebayang mengingatkan, bahwa pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Karenanya mereka menggandeng pengusaha kuliner, sekaligus mengenalkan produk camilan sehat yakni, fish cake dan jelly yoghurt.

“Nanti produk ini bisa membantu mencegah stunting dan memperkaya nutrisi anak-anak dan ibu hamil,” kata Cikhita dalam talkshow peringatan Hari Gizi Nasional ke- 64 di Jakarta dikutip, Jumat (26/1/2024).

Keberadaan dua produk camilan itu, selain dapat mencegah stunting sekaligus mendukung hilirisasi dan industrialisasi serta memberi nilai tambah untuk UMKM.

“Jadi kita sudah melirik ke situ. Keinginan kita sebelum jadi (presiden-wapres) programnya (makan siang gratis) sudah berjalan dibanding cawapres lainnya,” ujar Cikhita.

Wakil Koordinator Fanta Kuliner Donny Pramono mengatakan, upaya penurunan stunting menjadi fokus dari pengusaha kuliner karena berkaitan dengan IQ atau kecerdasan seseorang. Sebab jika kekurangan gizi, berpengaruh tingkat kecerdasan seseorang.

Donny menceritakan pengalamannya merekrut karyawan saat tes, hanya 20 sampai 25 persen dari 100 orang yang memiliki IQ di atas 90. Ia menyebut salah satu penyebab IQ rendah adalah stunting. “Tanpa sumber daya manusia yang kuat, Indonesia tidak bisa mencapai Indonesia Emas 2045,” ucap Donny.

Dokter gizi dr. Yuti Purnamasari meyakini, olahan ikan bergizi untuk anak-anak. Mengingat mengandung protein yang baik juga mikronutrien. Apalagi pencegahan stunting itu sangat perlu di Indonesia.

“Dengan camilan yang baik, berdasar bahan ikan dan berbahan bahan susu yaitu, yoghurt itu sangat penting untuk pencegahan stunting,” jelas dr. Yuti. (dan)

Baca Juga  Senam Bersama Kowarteg Ganjar Jadi Anjangsana Ratusan Warga di Lamongan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *