Tentara Israel Mundur dari Barat Kota Khan Younis

Berita31 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Tentara Israel mundur dari barat Kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

“Divisi ke-98, dengan tiga brigadenya, mundur dari Khan Younis tadi malam setelah operasi di sana berakhir setelah pertempuran yang berlangsung selama empat bulan,” demikian laporan Radio Angkatan Darat seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (7/4/2024).

“Hanya satu brigade yang tersisa di Gaza, Brigade Nahal, yang bertanggung jawab mengamankan koridor yang didirikan oleh tentara Israel untuk mencegah pengungsi Gaza kembali ke utara,” tambahnya.

Sumber-sumber Palestina mengatakan kepada kantor berita Anadolu bahwa pasukan Israel mundur dari seluruh wilayah barat Kota Khan Younis tetapi mereka tetap ditempatkan di timur.

“Pada tahap manuver ini, tentara Israel menyelesaikan operasinya di Khan Younis dan tentara telah menyelesaikan keluar dari sana,” kata Channel 12 Israel.

Pasukan yang terdiri dari empat brigade berbeda kini ditempatkan di koridor kemanusiaan dan di Jalur Gaza utara di wilayah Beit Hanoon.

Penarikan brigade Israel dari sebagian besar wilayah di Jalur Gaza, dengan pengecualian beberapa ribu tentara di wilayah tengah ini dinilai sebagai keputusan taktis.

Ini adalah wilayah yang memisahkan bagian selatan Jalur Gaza dari bagian utara. Di Gaza, lebih dikenal dengan persimpangan Netzarim.

Menurut pernyataan militer Israel, alasan mereka tetap tinggal di sana adalah untuk mencegah orang kembali ke rumah mereka di bagian utara Kota Gaza.

Penarikan tentara itu bukanlah penarikan sepenuhnya, melainkan penarikan taktis. Beberapa pasukan masih ada di Deir el-Balah, di bagian timur kota, di persimpangan Netzerim tepat di persimpangan Erez (Beit Hanoon).

Hal ini sebagian besar dipandang sebagai alat tekanan dalam perundingan di Kairo, namun banyak orang percaya bahwa ini lebih merupakan pemindahan taktis, sebuah persiapan untuk memperluas serangan darat di Kota Rafah, yang konsisten dengan tindakan di lapangan sejauh ini. (dam)

Baca Juga  Mario Dandy dan Shane Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini, Kubu David: Harus Dituntut Maksimal

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *